Inilah 5 Cara Hidup Bahagia Yang Jarang Orang Ketahui

Kesehatan Tubuhmu Menentukan Perasaan dan Pikiranmu

 

Bayangkan jika pada suatu saat anda mendengar kabar keberhasilan anak anda, entah dalam pendidikan, pekerjaan, atau apapun, maka tentunya anda akan merasa sangat senang, pikiran menjadi positif, perasaan menjadi berbunga bunga, bahagia, lalu makan apapun jadi enak sehingga tubuh ikut juga merasakan segar bugar

Namun sebaliknya, bayangkan jika berita sedih yang anda terima. Pikiran jadi kalut, bingung, hatipun gelisah, cemas, makan apapun rasanya tidak enak, tubuh juga akan terasa tidak enak, lemas, bahkan bisa sampai sakit

Lihat polanya :

Pikiran→Perasaan→Tubuh

Pikiran yang baik akan membuat perasaan menjadi damai, bahagia, sehingga tubuh menjadi sehat bugar

Pikiran yang buruk akan membuat perasaan jadi gelisah, cemas, sehingga tubuh menjadi gampang sakit

Maka penting sekali untuk menjaga pikiran kita agar selalu dalam keadaan positif, agar selalu hanya memikirkan hal hal yang baik. Namun tentunya tidak mudah memang membuat pikiran selalu positif, karena begitu banyak stressor di luar diri kita yang siap memporak porandakan pikiran positif yang susah payah kita jaga, juga karena pikiran sangat terkait dengan keadaan di dalam tubuh kita.

Lalu bagaimana cara agar pikiran kita selalu stay tune dalam keadaan positif?

Ada cara yang mudah insyaAllah untuk melakukannya. Saya sdh melakukannya dan Alhamdulillah berhasil.

Sederhana caranya, tinggal di UBAH aja POLANYA :

Tubuh→Perasaan→Pikiran

Perbaiki kondisi tubuh, maka perasaan akan nyaman, dan pikiranpun akan menjadi tenang, gampang positif…

sederhana kan? ya sederhana sekali.

Bagaimana memperbaiki kondisi tubuh?
Ada banyak cara untuk memperbaiki kondisi tubuh kita. Saya memiliki beberapa saran yang sudah saya praktekkan sendiri, silakan jika ada yang berminat untuk mencoba :

5 Cara Hidup Bahagia

1. Menjaga Pola Makan

Apa yang kita makan saat ini, di waktu mendatang akan menjadi bahan pembentuk sel yang akan mengisi semua organ tubuh kita seperti otak, darah, saraf, tulang, dan lainnya. Jika yang kita makan adalah makanan yang sehat maka sel sel sehatlah yang akan mengisi organ dan seluruh sistem di dalam tubuh kita.

Otak kita akan menjadi sehat, saraf kita akan semakin baik responnya, otot dan tulang akan semakin kuat, darah juga menjadi lebih bersih, lebih banyak mengandung zat-zat bermanfaat bagi tubuh.

Maka makanlah makanan yang dibutuhkan oleh tubuh, bukan hanya makanan yang disukai lidah. Pilihlah makanan kaya enzym yang masih segar. Perbanyak asupan buah dan sayuran segar. Yang utama (jika ada kemampuan keuangan lebih) adalah menggunakan yang organik, namun jika tidak pun tidak mengapa. Perawatan yang benar sebelum dikonsumsi akan meminimalisir efek pestisida dan kandungan racun kimia pada buah dan sayur.

Pelajarilah apa saja makanan yang sehat itu, bagaimana cara makannya, kapan saja waktu makannya. Ini semua penting untuk dipelajari. Sebab makanan sehatpun jika cara makannya salah bisa merusak kesehatan.

Misal buah buahan adalah makanan sehat, namun jika dimakan setelah makan nasi atau protein hewan maka akan merusak nasi atau prohew tersebut, akan terfermentasi dan selanjutnya akan membusukkan sehingga menjadi racun bagi tubuh.

Lalu anda bisa juga mengkonsumsi berbagai makanan fermentasi berbahan makanan kaya enzim spt acar, cuka, tape, tempe dan lainnya. Usahakan bukan makanan fermentasi yang berbahan hewani, sebab menurut penelitian dr. Hiromi shinya (Ahli Gastroenterologi) akan membebani tubuh dalam jangka panjang.

Anda juga bisa menambahkan herbal yang masih mengandung enzym, yang tidak rusak karena proses pabrikan (pemanasan) sebagai food therapy. Thibbun Nabawy adalah pilihan yang bagus, seperti madu, minyak zaitun, habbatussauda, propolis dll

Cobalah dihindari, minimal dikurangi konsumsi makanan dibawah ini, bukan karena haram namun tidak thoyyib bagi kesehatan tubuh kita,

  • Semua makanan berbahan Tepung terigu. Kandungan gluten pada tepung terigu sangat buruk bagi kesehatan berdampak pada munculnya beragam penyakit ringan maupun berat.
  • Semua makanan yang diolah pabrikan, karena mengalami proses panjang yang sdh menghilangkan kandungan enzym didalamnya. Bahkan seringkali ditambahkan berbagai bahan kimia sintetik untuk meningkatkan kualitasnya
  • Kurangi secara signifikan konsumsi makanan hewani, karena memberatkan proses pencernaan.
  • Kurangi konsumsi semua makanan yang tinggi glukosa

 

2. Puasa

Lebih seringlah untuk melakukan puasa. Puasa akan mengistirahatkan kerja pencernaan, sehingga energinya yang besar bisa dialihkan untuk memperbaiki organ tubuh yang rusak. Dengan berpuasa tubuh juga akan melakukan detoksifikasi (proses pengeluaran racun).

Berpuasa juga akan meningkatkan proses autofagi di dalam tubuh. Pada saat berpuasa, maka sel sel tubuh yang lapar akan memakan sel sel yang rusak, mati, atau cacat yang jika dibiarkan akan menjadi radikal bebas didalam tubuh. Maka semakin sering berpuasa, semakin berkurang radikal bebas ditubuh, sehingga akan semakin sehat.

3. Relaksasi

Saat pencernaan terasa mulai gaduh, bergejolak, banyak refluks, maka sering seringlah melakukan relaksasi. Relaksasi ini adalah kegiatan untuk menenangkan ketegangan pada syaraf syaraf di dipencernaan terutama diusus.

Menurut ahli gastro dunia Dr. hiromi shinya, usus adalah otak kedua kita. Usus yang tegang akan membuat pikiran kita ikut tegang, dan sebaliknya jika usus tenang maka pikiran kita pun akan ikut tenang.

Maka sering seringlah menarik nafas panjang dan kemudian menghembuskannya pelan pelan. Seringlah mengamati nafas kita saat masuk dan keluar, amati saja… amati juga detak jantung kita, itu semua akan membantu menenangkan syaraf syaraf di usus dan memberikan sensasi rasa tenang dipikiran.

4. Olah Raga

Cobalah untuk rutin berolahraga. Tidak harus berolahraga berat, cukup jalan cepat atau lari kecil selama 20-30 menit setiap hari sudah sangat membantu memperlancar kerja metabolisme tubuh. Parameter olah raga itu sdh cukup adalah apabila sdh keluar keringat di kening. Jangan berolah raga terlalu berat karena justru akan mengakibatkan luapan radikal bebas ditubuh yang akan menurunkan kemampuan imunitas tubuh.

5. Pembuangan Yang Lancar

Kelancaran buang air besar (BAB) sangat penting bagi kesehatan tubuh. Jika pembuangan tidak lancar akan banyak toksin yang tersangkut di usus besar, maka oleh usus besar, toksin ini akan diserap kembali dan diedarkan ke seluruh tubuh.

Ini akan memperlemah imunitas kita lagi. Jjka sdh rutin mengkonsumsi makanan yang sehat, insyaAllah pembuangan toksin tubuh juga akan lancar. Jika belum sesuai ekspektasi, anda bisa juga melakukan “Enema Kopi” sebagai tindakan khusus untuk membantu tubuh mengeluarkan kotoran secepatnya

Cobalah saran saya untuk memperbaiki kondisi tubuh tersebut. InsyaAllah jika semakin bagus kondisi tubuhnya dengan semakin bersih pencernaannya, maka perasaan otomatis akan semakin tenang, semakin damai, mudah bahagia. Dan dengan kondisi perasaan yang seperti itu maka pikiranpun akan gampang fokus, mudah konsentrasi, dan mudah berpikir positif.

Tubuh sehat → Perasaan bahagia → Pikiran gembira

 

By. Amirudin Sadja

Baca Selanjutnya : Bagaimana Kesadaran Batin Menghadapi Gerd?

Tinggalkan komentar