Minyak But But, Manfaat dan Bahayanya Serta Cara Penggunaannya

Sebagian besar orang Indonesia pasti sudah cukup familiar dengan yang namanya minyak but but.

Minyak ini merupakan ramuan yang biasa digunakan untuk keperluan pijat atau urut.

Salah satu khasiat yang paling populer adalah untuk mengatasi keseleo dan pegal-pegal.

Namun apakah manfaat minyak but but hanya untuk mengatasi pegal dan keseleo saja?

Simak penjelasan selengkapnya mengenai apa itu minyak but but. Mulai dari manfaat dan bahayanya, serta cara penggunaannya pada artikel berikut ini.

Semoga cukup membantu Anda menemukan solusi pengobatan alami menggunakan minyak but but.

Apa Itu Minyak But But?

Minyak but-but merupakan herbal yang dibuat dari sari daging burung but-but.

Jadi, sari daging burung but but akan diekstrak hingga mengeluarkan minyak kemudian dijadikan sebagai bahan baku untuk membuat herbal tersebut.

Namun selain dari sari burung but but, produk ini juga mengkombinasikannya dengan berbagai bahan herbal lainnya.

Misalnya saja seperti cengkeh, kencur dan juga brotowali.

Yang mana semua bahan tersebut diesktrak secara modern menggunakan peralatan berteknologi canggih.

Tentu saja hasil akhirnya tidak hanya higienis, tetapi juga aman dan terjaga khasiatnya hingga ke tangan konsumen.

Perpaduan berbagai bahan alami yang berkombinasi pada produk tersebut membuat minyak herbal ini kaya akan kandungan nutrisi.

Adapun kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya antara lain seperti minyak atsiri, flavonoid, saponin, alkaloid dan lain sebagainya.

Banyak sekali manfaat dan kebaikan yang bisa didapatkan dari penggunaan minyak ekstrak but but.

Diantaranya yakni dapat mempercepat penggumpalan darah akibat luka, mempercepat penyembuhan, mengobati keseleo, terkilir, patah tulang dan lain masih banyak lainnya.

Apa Saja Manfaat Minyak But But?

Pada umumnya, kita akan mengalami sensasi panas dari minyak gosok sehingga tubuh menjadi lebih hangat dan masalah kesehatan pun teratasi.

Tapi meskipun termasuk dalam golongan minyak oles atau minyak urut, herbal dari ekstrak burung but but ini bisa dibilang tidak menimbulkan sensasi panas seperti produk minyak gosok sejenisnya.

Namun meskipun demikian, khasiat minyak but but tidak kalah ampuh, Lho. Nah, apa saja khasiat dan manfaatnya? Simak ulasan selengkapnya berikut ini!

1. Mengatasi Penyakit Ambeien

Manfaat minyak but but yang pertama yaitu dapat digunakan untuk mengatasi ambeien. Penderita ambeien sering merasa tidak nyaman karena adanya pembengkakan pada area sekitar anus, bukan?

Selain berobat ke medis, hal itu juga dapat diikhtiari dengan penggunaan minyak yang berasal dari esktrak but but.

Cara pemakaiannya yakni cukup dengan mengoleskan secara teratur minyak ini pada ambeien. Maka nantinya ambeien perlahan-lahan akan mengempis dan sangat mungkin untuk kembali normal.

2. Mengatasi Cidera Patah Tulang

Khasiat minyak but but mengatasi patah tulang sudah sangat populer. Kandungan aktif eugenol yang terdapat pada herbal ini, berfungsi untuk meredakan nyeri sekaligus anti inflamasi.

Untuk patah tulang, biasanya minyak but but akan dioleskan pada bagian yang sakit. Jadi, misalnya terjadi insiden yang tidak diinginkan dan memicu cedera, Anda dapat memberikan pertolongan pertama dengan mengoleskan herbal tersebut.

3. Mengobati Gatal pada Kulit

Minyak herbal yang terbuat dari burung but but juga dapat membantu mengatasi gatal-gatal pada kulit.

Kandungan anti bakteri dan anti jamur yang terdapat pada herbal ini dipercaya dapat mencegah timbulnya gatal-gatal pada kulit. Baik rasa agatal akibat adanya bakteri, jamur, maupun gatal akibat sengatan serangga seperti nyamuk.

4. Mengatasi Peradangan

Dalam minyak but but, terdapat kandungan saponin, minyak atsiri serta flavonoid yang berfungsi untuk anti inflamasi sekaligus mencegah peradangan.

Jadi, minyak ini dapat digunakan untuk mengobati berbagai jenis peradangan. Baik peradangan akibat luka, radang tenggorokan, peradangan pada kulit wajah yang disebabkan karena timbulnya jerawat dan lain kondisi lainnya.

5. Menghilangkan Pegal Badan

Khasiat selanjutnya, minyak herbal ini juga dapat digunakan untuk menghilangkan pegal. Badan pegal, linu, atau mengalami kesleo dapat diurut menggunakan minyak but but.

Memijat menggunakan minyak ekstrak but but juga dapat membantu melancarkan peredaran darah.

Dimana peredaran darah yang lancar tidak hanya akan membuat tubuh terasa lebih sehat, tetapi juga dapat membantu mengurangi timbulnya berbagai masalah kesehatan.

Salah satunya yaitu dapat membantu menurunkan darah tinggi dan juga kolesterol.

6. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Luka fisik yang terdapat pada tubuh, baik akibat jatuh, terkena benda tajam dan lain sebagainya ternyata dapat diberikan pertolongan pertama dengan mengoleskan minyak herbal yang satu ini.

Kandungan yang terdapat minyak yang terbuat dari sari burung but but, bermanfaat untuk mempercepat penggumpalan darah.

Selain itu terdapat juga khasiat lainnya yang tidak kalah penting, yakni mempercepat proses penyembuhan luka.

Cara penggunaan minyak untuk mengatasi luka yang berdarah adalah dengan diteteskan pada kapas terlebih dahulu. Setelah itu baru kemudian kapas tersebut ditempelkan pada luka yang akan diobati.

7. Mengobati Penyakit Asma

Asma merupakan penyakit yang terjadi pada saluran pernapasan. Gejalanya adalah nafas terasa sesak dan dada menjadi sakit.

Anda dapat mengoleskan minyak but but pada bagian dada untuk meredakan gejala tersebut. Sebagai tambahan, minyak ini juga dapat diminum untuk mengobati penyakit ini dari dalam. Caranya yaitu dengan menyiapkan air hangat setengah gelas.

Kemudian teteskan 1/2 sendok teh minyak tersebut, lalu minum segera.

8. Mengobati Luka Bakar dan Melepuh

Luka bakar atau melepuh juga dapat diobati menggunakan minyak but but.

Luka ini sering terjadi karena beberapa sebab, misalnya saja tidak sengaja terkena cipratan minyak, terkena setrika, knalpot dan kasus lainnya.

Meski termasuk luka ringan, namun sensasi panas dan perih yang ditimbulkannya cukup mengganggu. Jadi untuk meredakannya, Anda dapat mengoleskan minyak herbal tersebut sebagai pertolongan pertama.

9. Mengatasi Dampak Akibat Gigitan Serangga

Gigitan serangga seperti lipan, tawon, dan lain sebagainya sering menimbulkan luka bengkak.

Untuk meringankan bengkak dan iritasi yang ditimbulkannya, Anda dapat mengoleskan minyak herbal but but pada area yang terkena gigitan.

10. Mengecilkan Perut Buncit

Khasiat minyak but but yang selanjutnya adalah dapat digunakan untuk mengecilkan perut buncit.

Cukup oleskan minyak tersebut pada area perut, kemudian pijat secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Hal ini dipercaya membuat proses pembakaran lemak dalam tubuh dapat terproses secara lebih maksimal.

Adakah Bahaya Minyak But But?

Apakah terdapat bahaya minyak but but? Mungkin ini menjadi pertanyaan yang sering dilontarkan pada saat seseorang akan mencoba sebuah produk baru. Sejauh ini, efek samping minyak but but belum banyak dijumpai.

Dalam artian, herbal tersebut cukup aman untuk digunakan oleh mayoritas orang.

Namun, reaksi tubuh antara satu orang dengan orang yang lainnya berbeda-beda. Oleh karenanya jika ketika dalam proses penggunaannya, kemudian ada reaksi ketidakcocokan sebaiknya penggunaan segera dihentikan saja.

Atau untuk pemilik jenis kulit tertentu, bisa konsultasikan penggunaan herbal apapun ke pihak medis terlebih dahulu, ya?

Begini Cara Penggunaan Minyak But But

Cara penggunaan minyak but but ada beberapa metode. Cara pemakaian ini juga mengacu pada keluhan apa yang ingin diobati menggunakan herbal tersebut.

1. Dioles Atau Diurut

Cara penggunaan minyak but but adalah dengan dioles, diurut atau dipijat. Cara memakainya juga cukup gampang.

Anda hanya tinggal menuangkan beberapa tetes minyak tersebut, kemudian balurkan pada bagian tubuh yang membutuhkan.

Pada beberapa kondisi, untuk mengoptimalkan khasiat dari minyak but but. Sebelum dipakai, minyak juga dapat dipanaskan terlebih dahulu baru kemudian dioleskan pada bagian tubuh yang diinginkan.

2. Diminum

Selain digunakan sebagai obat luar, minyak but but juga aman dikonsumsi. Untuk mengatasi berbagai penyakit seperti radang tenggorokan, diare, perut kembung dan sejenisnya, minyak ini dapat dikonsumsi.

Dosisnya yaitu 1-2 sendok untuk sekali minum. Selain diminum langsung, minyak juga dapat diminum dengan dicampur air hangat.

3. Diteteskan

Untuk mengobati sakit mata, sakit pada area telinga dan lain-lain, Minyak but but dapat digunakan dengan cara diteteskan saja. Cukup teteskan 1-2 tetes minyak herbal tersebut pada bagian tubuh yang membutuhkan. Cara ini dipercaya sebagai ikhtiar untuk memperoleh kesembuhan dari bahan herbal yang lebih aman.

Demikian informasi mengenai apa itu minyak but but, manfaat, bahaya, dan cara penggunaannya. Semoga cukup membantu Anda mengenali produk herbal yang satu ini dengan lebih lengkap, ya?