Cara Membuat Infused Wather

Healthy Life Style untuk tahun tahun ini sudah banyak yang mengikuti style sehat dan aman. Banyak sekali program program yang tersebar luar di Internet, maupun komunitas yang memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk hidup sehat.

Kebanyakan masyarakat yang bertempat tinggal di daerah perkotaan, dengan kondisi lingkungan yang penuh dengan polusi, dan banyak melakukan aktivitas seperti bekerja.

Healthy Life Style bisa diterapkan untuk penduduk perkotaan yang mayoritas sibuk dengan aktivitasnya. Contoh gaya hidup sehat bisa diterapkan seperti lari, berenang, gym, bersepeda, marathon, dsb.

Apa itu Healthy Life style

Healthy Life style bisa diartikan dengan gaya hidup sehat mungkin jarang dilakukan oleh kebanyakan masyarakat yang jarang diperhatikan oleh masyarakat.

Dengan menerapkan gaya hidup sehat untuk menjaga kesehatan badan kalian, kondisi tubuh seseorang harus perlu dijaga dengan mengatur pola makan sehat, mengikuti program olah raga, pola tidur dan lebih bagus juga ditambah berpuasa.

Mungkin anda pasti bingung mau menerapkan gaya hidup sehat yang dari mana dulu, ada beberapa gaya hidup sehat harus mengeluarkan bugyet yang lumayan cukup besar.

Jangan khawatir kawan sudah ada beberapa metode yang sudah ada pada zaman Rasulullah shallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau sudah memberikan contoh dan Beliau juga melakukannya dalam kehidupannya sehari-hari.

Gaya hidup sehat yang dilakukan Rasulullah shallahu ‘alaihi wa sallam, seperti berpuasa, makan 7 butir kurma setiap pagi, meminum air rendaman kurma setiap pagi dan petang, maupun menjaga pola makan Beliau setiap harinya.

Baru baru ini di indonesia maupun dunia, lagi booming menggunakan air rendaman kurma untuk dikonsumsi setiap hari, atau sering disebut dengan Infused Water . Pada zaman milenial saat ini mau mengikuti ajuran kesehatan dari Rasulullah shallahu ‘alaihi wa sallam, jika ada pembuktian dari penelitian.

Apakah Infused Water sama dengan Air Nabeez

Sebagian banyak orang ada yang menyamakan antara air nabeez dengan Infused Water. Sebelumnya anda perlu tau dengan prinsip pembuatan nabeez adalah ‘intibadz’ yaitu ada yang melakukan proses yang mengarahkan mengubah kandungan senyawa yang dibiarkan terlalu lama, maka akan menjadi khamer.

Berdasarkan dari perkataan Dr. Raehanul Bahrean, M.Sc, Sp.PK  mengatakan dalam proses pembuatan air nabeez membutuhkan waktu beberapa jam sebelum menjadi khamer  atau alkohol dan inilah yang diperbolehkan.

Apabila prinsipnya sama, maka infused water dengan air nabeez dan apabila prinpsinya berbeda maka tidak boleh disamakan.

Tentu hukumnya juga sama yaitu Boleh akan tetapi bukanlah sunnah serta berpahala dari Rasulullah shallahu ‘alaihi wa sallam atau di nisbatkan sunnahnya kepada Rasulullah shallahu ‘alaihi wa sallam.

Untuk proses intibadz merupakan proses mendinginkan selama satu malam dengan menggunakan bejana yang terbuat dari kulit hewan.

Didalam hadits yang diriwayatkan oleh [HR. Bukhari], yang berisikan sebagai berikut : Dari Jabir bin Abdillah radhiallahu ‘anhu, bahwasannya Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam masuk kedalam seorang sahabatnya, seraya berkata kepadanya,’Adakah engkau mempunyai air yang telah di inapkan dalam bejana kulit, Jika tidak kami akan minum langsung dari mulut kami.

Jenis Kurma Infused Water

Jenis kurma yang dapat digunakan untuk membuat infused water hanya ada beberapa jenis kurma seperti :

Kurma Ajwa

Kurma ajwa untuk sihir

Kurma ajwa merupakan buah yang paling difavoritkan oleh Rasulullah shallahu ‘alaihi wa sallam, untuk dijadikan untuk menu sarapan paginya sebanyak 7 butir kurma.

Tidak hanya itu saja, air rendaman kurma ajwa juga dapat dikonsumsi, dengan cara membuatnya di pagi hari lalu minumnya di sore atau membuat air rendaman kurma di sore harinya kemudian meminumannya keesokan paginya.

Kurma ajwa memiliki ciri khas pada buahnya, daging buahnya memiliki warna coklat gelap, daging buahnya lembut, sensasi manisnya sangat nyaman saat memakannya, dan buah kurma ajwa juga merupakan buah yang berasal dari surga selain buah pisang.

Kurma Tunisia

Kurma Tunisia ini merupakan jenis kurma palmfruit yang berasal dari Negara Tunisia, kurma Tunisia memiliki ciri khas dari buahnya yaitu bentuk buahnya lonjong memanjang, memiliki warna coklat kemerahan, teksturnya agak kenyal, dan rasanya lumayan manis.

Mungkin sebagian orang merasakan kurma yang berasal dari negara Tunisia, ada yang merasakan tidak terlalu manis. Akan tetapi penggemar kurma tunisia ini tidak kalah dengan kurma ajwa dan kawan-kawannya.

Kurma Tunisia ini juga bisa digunakan untuk membuat infused water.

Kurma Ruthob atau Kurma Muda

Kurma Ruthob atau sering disebut dengan kurma muda, kebanyakan masyarakat sering mengenal kurma kering seperti kurma khalas, kurma lulu, kurma tunisia,dll.

Untuk kurma muda ini jarang dikenal oleh masyarakat terutama indonesia, untuk mendapatkan kurma muda ini gampang-gampang susah dikarenakan kurma ini dijual dalam keadaan belum matang.

Disini para penjual kurma ruthob sering mendapatkan tantangan terutama dari harga jual kurma rutob dan durasi pematang kurma ruthob dari pohonnya bisa dibilang begitu cepat.

Harga kurma muda ini hampir sama dengan kurma ajwa, dipasaran kurma muda bisa dibandrol dengan harga 250-400 ribu rupiah/Kg. Mungkin sudah wajar dengan persedian terbatas dan berlomba pengiriman dengan proses pematangan untuk kurma satu ini.

Kurma Ruthob memiliki segudang manfaat yang terkandung didalam buah satu ini. Kandungan fruktosa yang terkandung dalam kurma muda ini dapat menjaga stamina tubuh anda dari kelelahan.

Kurma ruthob ini juga bisa dijadikan bahan untuk membuat infused water, dikarenakan kandungan seperti kaya akan antioksidan dapat memberikan perlindungan dalam tubuh anda dari serangan penyakit.

Dan disaran untuk mengkonsumsi infused water ini saat pagi hari atau sore hari tergantung dengan proses pembuatannya.

Tips Pembuatan Infused Water Kurma

Infused water ini merupakan minuman kesehatan yang sudah diteliti khasiat didalam kandungannya, sejak zaman Rasulullah shallahu ‘alaihi wa sallam sudah menerapkan untuk meminum air rendaman kurma atau air rendaman kismis.

Baik tidak menunggu lama lagi mari kita persiapkan bahan-bahan dan peralatan yang akan anda pakai untuk membuat infused water.

Peralatan yang anda butuhkan, seperti

  • Gelas atau toples kaca atau tumbler
  • pisau atau gunting bersih
  • Tutup gelas atau Tutup Toples atau plastik wrapping

Bahan yang anda butuhkan, seperti

  • Siapkan kurma ajwa atau tunisia atau ruthab dengan jumlah ganjil
  • Air mineral siap minum sebanyak 1 Liter

Langkah-Langkah pembuatan Infused Water

  • Ambil buah kurma dengan bilangan ganjil, kemudian pisahkan kurma dengan bijinya dan potong menjadi 2
  • Masukan potongan kurma kedalam wadah (Gelas atau toples kaca atau tumbler).
  • Masukan air mineral secukupnya kedalam wadah yang sudah berisikan potongan buah kurma.
  • Tutup rapat wadahnya jangan sampai ada udara yang masuk.
  • Tempatkan wadah yang berisikan air rendaman kurma ke tempat yang terhindar dari sinar matahari atau bisa masukan kedalam kulkas. Diamkan selama 8 – 12 jam, jika anda bingung mengatur waktu, anda buat di pagi hari dan minum di sore hari, begitu sebaliknya.
  • Jika air rendaman kurma sudah selesai maka sudah siap minum.

Khasiat Infused Water

Air rendaman kurma ini sudah terapkan oleh Rasulullah shallahu ‘alaihi wa sallam, Beliau juga menganjurkan kepada istri-istri dan juga termasuk kepada umatnya untuk mengkonsumsi air rendaman kurma setiap pagi hari dan sore hari.

Manfaat yang diberikan kedalam tubuh begitu banyak, salah satunya :

  • Mengontrol tekan darah dalam tubuh anda
  • Membantu proses detoksifikasi tubuh
  • Meningkatkan kekebalan tubuh atau meningkatkan imun metabolisme tubuh
  • Mengurungi kolesterol jahat dalam tubuh
  • Baik dikonsumsi oleh ibu hamil
  • dll.

Hal-hal yang harus diperhatikan

Dalam pembuatan air nabeez atau infused water, anda perlu memperhatikan untuk dalam proses pembuatan, seperti :

  • Gunakan satu bahan saja, jangan sampai dicampur dengan bahan lain, semisalkan kurma dengan kismis atau bahan yang lainnya.
  • Air rendaman atau air nabeez atau infused water diusahakan untuk dikonsumsi segera, masa tahannya 1-2 hari saja.
  • Apabila sudah masuk ke hari-3, maka hukumnya haram dikarenakan sudah menjadikan arak atau alkohol.

Minuman kesehatan ini sangat cocok untuk dikonsumsi saat sahur atau buka puasa, maupun setiap pagi hari dan sore hari anda.

Tinggalkan komentar