6 Manfaat Madu Untuk Kulit Wajah dan Cara Menggunakannya

Madu merupakan produk alam dengan segudang khasiat di dalamnya. Madu sangat umum digunakan sebagai obat bagi beberapa penyakit serta suplemen bernutrisi tinggi yang sering dikonsumsi.

Selain diminum secara langsung, madu asli juga sering dipakai untuk campuran bahan alami lainnya guna memaksimalkan fungsi ramuan tersebut.

Sementara itu khasiat madu untuk kecantikan juga sangat beragam. Terutama khasiat madu untuk wajah. Selain dapat menghaluskan kulit wajah, madu juga dapat digunakan untuk menghilangkan bekas luka jerawat dll.

Manfaat Madu Untuk Kulit Wajah

Madu asli untuk kecantikan

Beberapa manfaat berikut akan kamu dapatkan apabila mengunakan madu secara rutin

1. Pelembab Kulit Wajah

Madu memiliki manfaat sebagai pelembab wajah. Kandungan senyawa humektan di dalam madu mampu merawat kulit yang kering.

Begitu juga untuk anda yang memiliki kulit berminyak, anda tetap bisa mendapatkan manfaat madu untuk wajah. Karena Dzat pemanis di dalam madu mampu membantu mempertahankan kelembabpan serta elastisitas kulit wajah anda.

2. Menghilangkan Jerawat

Madu memiliki manfaat untuk menghilangkan jerawat. Madu termasuk ke dalam zat anti inflamasi dan juga antibakteri yang dapat meredakan peradangan dan pembengkakan pada jerawat di wajah.

Menggunakan madu sebagai masker dapat meredakan peradangan akibat jerawat dalam waktu semalam.

Menggunakan madu untuk menghilangkan jerawat dapat dilakukan dengan cara mencampurkan madu murni dengan bubuk kunyit secukupnya.

Gunakan campuran madu dan bubuk kunyit tersebut pada jerawat yang meradang menjelang tidur. Bersihkan wajah di pagi hari dan rasakan perbedaanya.

3. Penyembuh Luka

Kandungan osmolalitas yang tinggi pada madu membuat mikroorganisme seperti bakteri, jamur, dan virus tidak bisa berkembang.

Ketika bersentuhan dengan cairan dari luka maupun borok, zat pemanis pada madu akan memproduksi hidrogen peroksida. Hal tersebut yang akan menjadikan madu sebagai antibakteri ke area ulseasi sehingga mempercepat penyembuhan pada luka.

4. Madu Dapat Melindungi Dari Kerusakan

Stress oksidatif yaitu suatu keadaan dimana jumlah radikal bebas di dalam tubuh melebihi kapasitas tubuh.

Madu merupakan salah satu bahan antioksidan yang dapat meindungi serta menetralkan organ internal dari jenis kerusakan stress oksidatif.

Selain itu, jika madu dioleskan di kulit, madu dapat melindungikulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

5. Eksfoliasi Alami

Eksfoliasi wajah adalah cara untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Tidak semua eksfoliasi harus menggunakan teksture yang kasar dikulit. Anda dapat menggunkan madu untuk eksfoliasi alami.

Kandungan enzim tertentu pada madu dapat mengangkat sel sel kulit mati. Anda dapat memaksimalkan Eksfoliasi menggunakan madu denga mencampurkannya beserta bahan lainnya.

Dianjurkan untuk mencampurkan madu dengan oat bagi anda yang memiliki kulit kering untuk dijadikan masker serta scrub wajah. Dianjurkan juga mencamopurkan mau dengan tepung gram bagi anda yang memiliki kulit berminyak.

Gunakan madu dengan bahan campuran yang disesuaikan tadi sambil memijat dengan halus bagian wajah selama 3-5 menit. Kemudian diamkan hingga kurang lebih 5 menit di wajah, setelah itiu bilas dengan air.

6. Meremajakan Kulit

Kandungan vitamin, mineral, asam amino, dan juga antioksidan pada madu jauh lebih banyak jika diandingkan dengan krim anti anging biasa. Oleh karena itu madu madu memiliki manfaat sebagai anti aging alami dan bagus untuk kulit.

Menjadikan madu sebagai masker dapat menangkal gejala penuaan dini karena masker madu mampu melembabkan, menenangkan, dan menyembuhkan kulit.

Untuk peremajaan kulit, kamu bisa menggunakan masker madu pada wajah dengan mendiamkannya selama kurang lebih 15 hingga 30 menit sebelum membilasnya dengan air. Gunakan rutin setiap hari agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Cara aman menggunakan madu untuk wajah

Untuk mendapatkan khasiat yang maksimal dari madu, makan gunakanlah madu secara teratur dan rutin. Beberapa cara berikut aman jika anda praktekan dirumah

  1. Oleskan madu yang sudah dicampuri dengan tomat agar wajah tampak bersih. Diamkan sejenak 15-20 menit sebelum anda membilasnya.
  2. Oleskan madu selama 5 hingga 10 menit pada wajah kemudian cuci dengan air hangat agar kulit wajah tampak lembab.
  3. Bersihkan wajah dengan madu sebanyak satu atau dua kali dalam seminggu untuk menjaga kulit agar tetap lembut.
  4. Olesakn madu pada wajah sebelum tidur setiap malam agar menunda proses penuaan.
  5. Campurkan madu dengan tiga sendok air mawar dengan ΒΌ cankir madu serta oleskan pada bagian wajah selama kurang lebih 15 menit. Kemudian cuci dengan air dingin agar mendapat menfaat wajah lebih cerah serta putih.
  6. Oleskan Campuran madu dan susu di wajah diamkan beberapa saat sebelum membilasnya dengan air hangat. Hal tersebut bertujuan untuk menyamarkan garis-garis halus dan kerutan.

Informasi madu asli dapat anda dapatkan di madu asli semarang

 

 

Tinggalkan komentar