Teh Chamomile, Manfaat dan Bahaya Serta Cara Konsumsinya

Teh merupakan minuman yang sangat populer dan memiliki banyak penggemar. Minuman ini biasanya terbuat dari pucuk daun teh yang telah dikeringkan.

Namun tidak hanya terbuat dari daun teh saja, beberapa tanaman herbal juga dapat dibuat menjadi teh. Salah satunya yaitu tanaman dengan jenis bunga-bungaan.

Teh yang terbuat dari bunga ada banyak macam dan jenisnya. Salah satu yang populer yaitu teh melati. Namun tidak hanya bunga melati saja, beberapa jenis bunga lainnya juga dapat dipakai menjadi bahan teh. Diantaranya yaitu bunga chamomile.

Teh yang terbuat dari bunga chamomile tidak hanya memiliki cita rasa yang segar. Tidak hanya itu, teh ini juga memiliki aroma wangi yang khas, serta memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Berikut akan kami ulas informasi lengkap mengenai teh chamomile. Mulai dari pengertian, manfaat, bahaya, serta cara mengonsumsinya.

Apa Itu Teh Chamomile?

Seperti namanya, teh chamomile merupakan teh yang terbuat dari bunga chamomile. Yang mana chamomile sendiri merupakan bunga yang masih masuk dalam keluarga aster.

Chamomile memiliki nama latin Matricaria Chamomilla. Bentuknya seperti bunga matahari, namun berukuran lebih kecil.

Tumbuhan ini biasa hidup di daerah Asia dan juga Eropa. Tanamannya sendiri biasanya tumbuh secara liar ditanah lapang, dipinggir jalan dan berbagai tempat lainnya.

Bunga chamomile juga cukup populer dan sering digunakan sebagai bahan untuk membuat herbal. Salah satunya yaitu dengan cara dikeringkan menjadi teh.

Teh chamomile tidak hanya memiliki rasa yang segar, namun juga memiliki aroma wangi yang menenangkan. Selain itu, chamomile juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh manusia.

Diantaranya yaitu memiliki senyawa alami yang mengandung antikogulan. Selain itu terdapat juga berbagai zat aktif seperti flavonoid, coumarin, chamazulene, dan lain sebagainya.

Bunga chamomile juga kaya akan kandungan anti oksidan serta anti inflamasi. Jadi dengan mengonsumsinya, Anda akan mendapatkan banyak sekali manfaat dan kebaikan bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Teh Chamomile

Teh Chamomile Kering

Bunga chamomile sering diolah menjadi herbal, salah satunya dikeringkan dan dijadikan sebagai teh.

Tidak hanya memiliki rasa yang segar dan aroma wangi, teh chamomile juga memiliki banyak sekali kandungan kebaikan bagi tubuh.

Berikut beberapa manfaat teh chamomile yang perlu Anda ketahui

1. Memperkuat Kekebalan Tubuh

Bunga chamomile merupakan tumbuhan yang memiliki antioksidan tinggi.

Kandungan antioksidan yang ada di dalamnya dapat meningkatkan imunitas tubuh serta membuat tubuh menjadi lebih kebal terhadap serangan penyakit.

Selain itu, kandungan senyawa felonik yang terdapat pada teh ini. Juga memiliki khasiat untuk menyerap kadar racun yang mungkin terdapat pada makanan yang Anda konsumsi.

Sehingga dengan mengonsumsinya, tidak hanya meningkatkan kekebalan tubuh saja tetapi juga dapat menangkal adanya infeksi yang mungkin berbahaya bagi tubuh kita.

Baca juga: Manfaat Madu Hitam Untuk Kesehatan

2. Meredakan Stress

Manfaat teh chamomile yang selanjutnya yaitu dapat meredakan stress. Teh yang terbuat dari bunga chamomile memiliki kandungan melatonin dan serotonin yang berfungsi untuk relaksasi.

Jadi, ketika merasa penat dan stress. Anda dapat mengonsumsi secangkir teh chamomile agar tubuh lebih relax dan tenang.

3. Memperbaiki Kualitas Tidur

Teh chamomile juga dipercaya dapat memperbaiki kualitas tidur. Teh ini memiliki kandungan apigenin.

Dimana apigenin merupakan kandungan yang dapat membuat reseptor yang terdapat pada otak terstimulasi sehingga dapat merangsang kantuk dan membuat Anda cepat tertidur.

4. Melancarkan Haid

Bagi Anda yang sering mengalami gangguan haid, Anda dapat mencoba mengonsumsi teh yang terbuat dari bunga chamomile. Karena teh yang satu ini tidak hanya baik untuk relaksasi, tetapi juga mengandung zat anti inflamasi.

Dimana zat anti inflamasi ini dapat membantu mengurangi sakit ketika datang bulan.

5. Mengatasi Alergi

Kandungan yang terdapat pada bunga chamomile juga memiliki zat anti alergen. Dimana zat anti alergen ini akan menstimulasi respon tubuh terhadap zat-zat pemicu alergi.

Kandungan senyawa felonik yang terdapat didalamnya juga dapat menyerap racun dari makanan yang Anda konsumsi.

Apabila terdapat reaksi alergi yang diberikan oleh tubuh akibat konsumsi makanan atau minuman tertentu, maka dapat diatasi dan dikurangi gejalanya dengan konsumsi teh chamomile.

6. Mencegah Diabetes

Teh yang terbuat dari bunga chamomile juga sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Chamomile memiliki kandungan enzim quercetin yang berpengaruh pada respon tubuh terhadap diabetes.

Teh ini juga kaya akan anti inflamasi. Zat anti inflamasi yang terdapat didalamnya akan membantu mencegah kerusakan pada sel pancreas serta mencegah meningkatnya kadar gula dalam darah.

7. Mencegah Serangan Jantung

Mengonsumsi teh chamomile juga baik untuk kesehatan jantung. Flavonoid yang terdapat pada tanaman chamomile sangat baik fungsinya untuk menurunkan tekanan darah dan juga kolesterol.

Ketika tekanan darah dan kolesterol stabil, maka arteri dan pembuluh darah akan mengendur sehingga aliran darah pada tubuh pun menjadi lebih lancar.

Hal ini tidak hanya akan membuat tubuh menjadi lebih sehat saja tetapi juga sangat baik bagi kesehatan jantung Anda.

8. Mencegah Peradangan

Peradangan ada banyak sekali macam dan jenisnya. Jenis – jenis peradangan diantaranya seperti GERD, bisul, eksim, asam urat, peradangan mata, kulit terbakar dan lain sebagainya.

Konsumsi teh yang terbuat dari bunga chamomile sangat baik dilakukan ketika Anda mengalami kondisi tersebut. Karena teh ini memiliki kandungan flavonoid yang sangat baik untuk mengobati peradangan.

Flavonoid berfungsi untuk menyembuhkan sel-sel tertentu di dalam tubuh yang berkaitan dengan sistem kekebalan. Sel yang berkaitan dengan sistem kekebalan ini, merupakan sel yang dapat memperburuk kondisi peradangan.

9. Mencegah Osteoporosis

Sebuah studi menyebutkan bahwa kandungan teh chamomile juga sangat baik untuk mencegah osteoporosis. Dimana osteoporosis merupakan penyakit yang timbul akibat tulang kehilangan kepadatannya secara progresif.

Nah, kandungan anti estrogenik yang terdapat pada teh bunga chamomile, dipercaya dapat mencegah kondisi tersebut sehingga reaksi terjadinya osteoporosis pun dapat dicegah dan diperlambat.

10. Menyehatkan Pencernaan

Teh yang satu ini juga sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Kandungan antispamodik, anti inflamasi, dan juga karminatif yang terdapat pada teh chamomile dapat mencegah berbagai masalah yang terjadi pada sistem pencernaan.

Misalnya gangguan pencernaan, sakit perut, sindrom iritasi usus, gas berlebih dalam perut dan lain sebagainya. Selain itu, teh ini juga dapat mengurangi refluks asam sehingga membuat kesehatan pencernaan menjadi lebih baik.

Adakah Efek Samping dan Bahaya Teh Chamomile?

Meskipun memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh, namun konsumsi teh chamomile juga tidak lepas dari yang namanya efek samping.

Meski jarang sekali terjadi, namun ada beberapa kondisi yang membuat konsumsi teh ini pun memberikan dampak buruk.

Efek samping teh chamomile dapat terjadi karena didukung oleh faktor-faktor tertentu. Misalnya konsumsi yang berlebihan, dikonsumsi berbarengan dengan obat tertentu, dikonsumsi oleh orang dengan riwayat alergi dan lain sebagainya.

Berikut beberapa dampak buruk yang sering terjadi akibat konsumsi teh chamomile :

1. Mual dan Muntah

Bahaya teh chamomile yang pertama adalah dapat menimbulkan mual dan muntah. Gejala mual dan muntah ini terjadi biasanya karena konsumsi teh yang terlalu banyak atau berlebihan dalam sekali waktu.

2. Bisa Meningkatkan Resiko Keguguran Janin

Bagi wanita yang sedang hamil, sebaiknya juga menghindari konsumsi dari teh ini. Karena kandungan yang terdapat di dalamnya tidak baik untuk kesehatan janin.

Kandungan teh chamomile dapat memicu terjadinya kontraksi dini, pendarahan, keguguran dan juga kelahiran bayi secara prematur. Jadi pastikan Anda melakukan konsultasi langsung kepada dokter sebelum mengonsumsi teh ini, ya?

3. Memicu Timbulnya Gejala Alergi

Chamomile merupakan bunga yang masuk dalam golongan keluarga bunga aster. Bagi Anda yang memiliki riwayat alergi dengan jenis bunga tersebut, sebaiknya menghindari konsumsi teh chamomile. Karena kemungkinan chamomile ini juga dapat meningkatkan resiko alergi seperti layaknya bunga aster.

4. Dapat Menimbulkan Rasa Kantuk Berlebih

Teh bunga chamomile memang memberikan efek tenang dan memicu kantuk. Namun apabila dikonsumsi terlalu banyak, maka dapat mengakibatkan timbulnya kantuk yang berlebihan. Jadi, Anda memang perlu bijak dalam mengonsumsinya. Dalam artian dikonsumsi secukupnya saja agar tidak menimbulkan dampak buruk. Dan pertimbangkan juga kapan waktu yang paling tepat untuk mengonsumsi the ini.

5. Bisa Berinteraksi Dengan Obat

Bagi Anda yang sedang minum obat kimia, sebaiknya juga menghindari minum teh chamomile terlebih dahulu. Pasalnya, teh ini dapat bereaksi dengan jenis obat-obatan tertentu.

Chamomile sendiri juga memiliki kandungan yang dapat memicu pengenceran darah. Sehingga apabila dikonsumsi bersamaan dengan obat-obatan, maka dapat beresiko mengakibatkan terjadinya pendarahan internal.

Cara Mengonsumsi Teh Chamomile yang Dianjurkan

cara menyeduh teh chamomile

Meskipun memiliki banyak sekali manfaat, namun teh chamomile sebaiknya dikonsumsi secukupnya saja. Dalam artian tidak lebih dari 3 kali dalam sehari.

Selain itu, orang dengan riwayat alergi, balita, ibu hamil serta ibu menyusui juga tidak direkomendasikan untuk mengonsumsi teh tersebut. Lalu bagaimana cara konsumsi teh chamomile yang aman dan direkomendasikan? Simak tips selengkapnya berikut ini :

  • Pertama-tama didihkan air secukupnya dalam panci.
  • Setelah mendidih, tambahkan teh secukupnya kedalam air tersebut.
  • Tutup dan didihkan kembali air kurang lebih satu menit.
  • Angkat teh dan biarkan selama beberapa saat hingga terseduh sempurna.
  • Terakhir, saring dan pindahkan ke dalam gelas.

Jika menginginkan cita rasa yang lebih nikmat, Anda juga dapat menambahkan gula, madu atau pemanis alami lainnya ke dalam teh.

Demikian informasi mengenai teh chamomile, manfaat, bahaya dan cara konsumsinya. Semoga informasi ini bermanfaat dan cukup membantu, ya?

Jangan lupa konsumsi apapun dalam batas yang wajar. Meskipun terkandung banyak kandungan kebaikan di dalamnya, namun jika dikonsumsi secara berlebihan pasti akan menimbulkan efek samping yang kurang baik.