8 Manfaat Madu untuk Anak

Anak-anak adalah anugerah terbaik yang telah Allah berikan kepada kita. Mereka adalah belahan jiwa kita. Senang, sehat, dan bahagianya mereka adalah senang, sehat, dan bahagianya kita sebagai orangtua. Dan sebaliknya, sedih, sakit dan sengsaranya mereka adalah sedih sakit dan sengsaranya kita sebagai orangtuanya.

Nutrisi terbaik bagi anak

Maka hal yang menjadi perhatian penting bagi orangtua adalah bagaimana bisa memberi nutrisi terbaik bagi anak-anaknya.

Agar apa? Agar tumbuh kembang anak-anak bisa optimal, tanpa ada kendala berarti.

Pertumbuhan optimal fisik mereka tentu saja memberi kontribusi besar bagi optimalnya pertumbuhan syaraf sensorik dan motorik anak-anak, bahkan optimalnya pertumbuhan synap-synap syaraf otak mereka.

manfaat madu untuk anak diatas 1 tahun

Berbicara tentang nutrisi bagi anak-anak, tentu kita akan berbicara tentang makanan sehat yang memberi nutrisi terbaik bagi anak. Dan berbicara tentang makanan sehat, kita tidak bisa lepas dari buah dan sayuran segar sebagai menu utama yang harus dikonsumsi anak.

Lho kok sayuran dan buah sebagai menu utama? Bukankah sebaiknya kita lebih banyak konsumsi nasi dan lauk sebagai menu utama bagi nutrisi anak?

Ayah bunda yang baik, banyak dari kita yang masih percaya bahwa 4 sehat 5 sempurna adalah konsep makan yang baik yang bisa kita jalani saat ini. Menjadikan daging, ayam dan ikan, sebagai lauk utama makanan anak kita agar tercukupi energinya. Lalu makan nasi 3x sehari dengar porsi besar agar tercukupi kebutuhan kalorinya.

Banyak dari kita yang belum tahu bahwa pola makan demikian justru menjadi penyebab banyaknya orang sakit saat ini. Pola makan tinggi glukosa akibat asupan karbo yang tinggi (minimal 3x sehari) telah menjadikan diabetes sebagai momok penyakit nomer satu di masyarakat kita.

Konsumsi ayam dan daging yang tinggi, apalagi dengan olahan santan dan minyak merupakan makanan tinggi lemak, penuh radikal bebas yg menyebabkan makin maraknya penyakit darah tinggi, stroke dan serangan jantung

Dan ada satu lagi, konsumsi makanan olahan gluten (protein yg terdapat di tepung terigu) yang hari ini menjadi hidangan harian diatas meja makan kita, ternyata menjadi kontributor paling besar bagi berbagai macam penyakit berat seperti Kanker, berbagai penyakit autoimun, penyakit pencernaan, bahkan hingga penyakit kejiwaan.

Hah..?? Penyakit kejiwaan ?
Ya…berbagai penyakit kejiawaan hari ini banyak disebabkan oleh buruknya pencernaan sebagai sumber masalahnya. Pencernaan yang buruk, yang tertutup oleh toksin gluten membuat penyerapan nutrisi makanan menjadi terganggu. Terjadi malabsorbsi, penurunan kemampuan usus menyerap nutrisi makanan. Ini membuat metabolisme tubuh tidak mampu membuat / memproduksi berbagai hormon pembangkit rasa bahagia seperti hormon endorfin, melatonin, seretonin dll

Apa yang terjadi jika produksi hormon pembangkit rasa bahagia tersebut berkurang atau berhenti? Yang terjadi adalah kita menjadi gampang stress, gampang depresi, mengalami gangguan kecemasan, serangan panik, gangguan tidur (insomnia) dll.

Pada anak-anak, efeknya akan membuat anak mudah meledak emosinya, sering berubah-ubah suasana hatinya, menjadi hiperaktif, autis , ADHD dll. Efek lainnya tumbuh kembang fisik anak juga menjadi terganggu karena sistem metabolisme nya terganggu secara keseluruhan. Anak menjadi kurus meski sudah makan banyak, ini juga menandakan sudah ada masalah di pencernaannya.

Maka ayahbunda, penting sekali untuk menghindarkan anak-anak kita dari makanan yang tidak sehat tersebut dan memberi mereka pelajaran / penjelasan tentang apa saja makanan sehat yang diperlukan bagi pertumbuhan fisik dan psikis mereka.

Lalu apa saja nutrisi yang diperlukan oleh tubuh, selain konsumsi buah dan sayuran segar dalam jumlah yang banyak?

Salah satu nutrisi terbaik adalah madu. Namun pastikan bahwa madu yang kita dan anak-anak kita konsumsi adalah madu Asli 100%. Apa saja manfaat madu untuk anak?

Manfaat Madu untuk Anak

manfaat madu untuk tumbuh kembang anak
Untuk Rekomendasi madu asli anda bisa mendapatkannya di madu asli semarang

Ada banyak sekali manfaat madu untuk anak, diantaranya adalah :

1. Madu adalah makanan kaya Enzym

Tahukah ayahbunda apa itu enzym? Enzym adalah zat kehidupan, zat yang masih mempunyai “nyawa” disetiap selnya. Mengkonsumsi makanan kaya Enzym akan membuat sel-sel tubuh kita mendapatkan pasokan energi kehidupan, seperti mendapatkan “nyawa” tambahan.

Fungsi enzym didalam tubuh adalah untuk memberi tubuh kemempuan melakukan proses regenerasi, automaintenance dan autorecovery atas berbagai kerusakan di organ tubuh kita. Maka dengan mengkonsumsi madu secara rutin setiap hari, anak-anak kita akan mendapatkan asupan enzym sehingga membuat mereka selalu dalam kondisi terjaga kesehatannya

2. Memperbaiki metabolisme tubuh secara keseluruhan

Kandungan enzym pada madu yang didalamnya ada banyak sekali nutrisi seperti vitamin dan mineral, akan membuat proses metabolisme tubuh yang bermasalah akan menjadi terkoreksi. Konsumsi madu secara rutin akan membuat Anak menjadi lebih optimal pertumbuhannya

3. Madu akan memperbaiki seluruh sistem cerna tubuh

Pencernaan sebagai bagian paling vital dalam proses metabolisme tubuh akan dibersihkan oleh enzym yang ada didalam madu. Madu mengandung senyawa prebiotik yang berfungsi sebagai suplemen untuk mendorong pertumbuhan mikroorganisme yang baik dalam sistem pencernaan.

Prebiotik ini bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan pencernaan dan berpotensi meningkatkan penyerapan nutrisi seperti kalsium kedalam tubuh kita

4. Obat peradangan alami yang terbaik

Antioksidan yang sangat tinggi didalam madu memliki fungsi sebagai antibiotik alami dan juga sangat ampuh untuk mencegah dan mengobati inflamasi (peradangan) didalam tubuh. Anak-anak yang konsumsi madu secara rutin jarang menderita sakit flu maupun radang tenggorokan.

5. Memiliki kemampuan alami untuk memperbaiki sistem imunitas tubuh

Kemampuan imunitas tubuh sangat penting dalam rangka menghadapi berbagai gempuran virus dan bakteri yang akan melemahkan kesehatan anak-anak kita.

Dengan mengkonsumsi madu secara rutin, anak akan terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh menurunnya imunitas tubuh seperti flu, batuk, pilek, maupun penyakit autoimun yang menyerang anak.

Alergi adalah salahsatu penyakit autoimun yang sering menyerang kesehatan anak-anak kita. Senyawa dan enzym pada madu akan mengembalikan kembali fungsi imunitas agar tidak menyerang sel sehat didalam tubuh yang berakibat munculnya berbagai penyakit autoimun pada anak-anak.

6. Sumber energi terbaik bagi anak

Madu mengandung fruktosa (gula buah) yang merupakan pembangkit energi tubuh yang baik. Tidak seperti glukosa yang dalam prosesnya meningkatkan energi secara cepat namun cepat berkurang dan habis,

fruktosa pada madu memberi tenaga lebih awet bagi tubuh karena diproses secara bertahap oleh metabolisme tubuh. Dengan rutin minum madu, anak tidak akan mudah tekor energi.

7. Bagus Bagi ibu yang hamil atau menyusui

jika konsumsi madu secara rutin, akan memberi asupan enzym yang banyak ke janin atau bayinya. Ini akan membuat janin dan bayi akan tumbuh dengan optimal, sang bunda pun akan tetap dalam keadaan bugar, tidak mudah sakit, lemas atau capai karena kehabisa energi.

8. Obat alami yang baik bagi berbagai luka dikulit

Jika dioleskan, madu merupakan obat alami yang baik bagi berbagai luka dikulit seperti luka bakar, luka sayat dan luka lecet. Madu juga berkhasiat untuk mengatasi berbagai gatal-gatal akibat jamur dan bakteri. Jika rutin diminum akan menjadi obat yang membantu membereskan masalah gatal-gatal tersebut dari dalam tubuh.

Tinggalkan komentar