7 Jenis Kurma yang Populer di Indonesia

Buah kurma memiliki jenis serta manfaat yang beragam. secara umum, mengkonsumsi kurma sangat baik untuk kesehatan, disamping itu jenis-jenis kurma tertentu memiliki khasiat-khasiat khusus.

Karena kandungannya yang kaya akan nutrisi buah kurma dijadikan sebagian orang sebagai makanan sehat untuk dikonsumsi setiap hari. simak penjelasan berikut untuk mengatahui manakah kurma yang cocok untuk kebutuhan anda

Kurma Medjol

kurma medjol

Kurma medjool dijuluki juga sebagai “Queen of Dates” atau Raja Kurma. Kurma medjool memiliki ciri khas berbeda dengan kurma lainnya, yaitu bentuknya yang oval dan lebih besar dari kurma pada umumnya serta daging buahnya tebal.

Kurma mendjol kaya akan nutrisi dan memiliki kandungan 66 kalori dalam setiap butir buahnya. Selain rasanya yang manis dan legit kurma medjool memiliki kandungan karbohidrat alami seperti fruktosa dan sukrosa.

Seperti kurma pada umumnya, kurma medjool yang dapat meningkatkan kadar basa pada lambung yang terlalu asam setelah seharian berpuasa.

Kurma medjool lebih banyak tumbuh dan familyar di amerika serikat. Sebagai raja kurma, harga kurma medjool cederung lebih mahal dari harga kurma lainya. Salah satu supermarket di indonesia menjual hanya beberapa butir kurma Medjool dengan harga ratusan ribu.

Kurma Ajwa

Kurma-Ajwa

Kurma ajwa atau sering disebut dengan kurma nabi merupakan kurma yang sangat digemari Rasulullah ﷺ.

Selain kandungan nutrisinya yang bagus untuk kesehatan kurma ajwa di anjurkan oleh rosulullah ﷺ untuk dikonsumsi tujuh butir sehari agar terhindar dari racun dan sihir.

karena khasiat khusunya tersebut, kurma ajwa menjadi salah satu andalan para peruqyah untuk sarana mengobati pasien yg terkena gangguan jin maupun sihir.

Kurma ajwa memiliki ciri khas khusus warna yang hitam dan kulit kulit kurma yang memiliki lekukan lekukan.

Kurma Sukari

kurma sukari

Selain kurma ajwa dan kurma medjool, kurma sukari juga merupakan salah satu kurma yang harganya terhitung lebih tinggi dari kurma yang lain.

Keunggulan kurma sukari dari pada kurma lainya adalah kurma sukari memiliki bentuk yang lebih besar serta rasanya yang lebih manis. Dalam bahasa arab sukari disebut sukkari yang berasal dari kata sukkar yang artinya adalah gula.

Ciri khasnya yang lebih manis dari pada yang lain serta warna nya yang coklat muda seperti caramel kurma sukari menjadi idola kurma para raja di timur tengah.

Kurma Palm Fruit

kurma palm fruit

Kurma Palm Fruit Merupakan salah satu jenis kurma yang berasal dari tunisia. Kurma Palm fruit memiliki bentuk agak lonjong, kulitnya agak kering serta dagingnya tidak lembek.

Kurma Palm Fruti biasanya beredar di masyakarat dengan kemasan kardus rapi ukuran 500 gram. Kurma Palm Fruti dikenal juga sebagai kurma tangkai karena ciri khas kurma yang dikemas bersama tangkainya.

Kurm Palm fruit memiliki rasa manis yang pas, sehingga tidak “blenger” (bahasa jawa) jika makan agak banyak.

Kurma lulu

kurma lulu
Kurma Semarang

Kurma lulu merupakan salah satu kurma yang paling populer di iran. Walaupun kurma lulu berasal dari Uni Emirat Arab, kurma lulu’ banyak di budidayakan di iran bagian selatan.

Ciri khas kurma lulu’ memiliki bentuk yang lebih kecil daripada kurma lainnya, karena itu kurma lulu’ dikenal juga dengan nama kurma mini.

Kurma Lulu’ memiliki bentuk oval, bulat dengan tektur kulit kering serta warnanya coklat gelap.

Kurma Khalas

kurma khalas

Salah satu jenis kurma yang paling laris dipasaran adalah kurma khalas. Kurma Khalas memiliki rasa yang cukup enak, dagingnya lembut serta harganya relatif terjangkau.

Nama Khalas dalam bahasa arab artinya adalah selesai, menurut situs time out abu dhabi nama khalas diartikan kalau sudah mencoba kurma jenis lainnya. Maksudnya sudah selesai mencoba kurma lainnya dan kurma khalaslah yang paling enak.

Kurma Mesir

kurma golden valley

Kurma mesir yang banyak beredar di indonesia salah satunya adalah kurma golden valley. selain kurma golden valley ada juga kurma el waha , kurma shafa dll.

Kurma mesir memiliki bentuk lebih besar dengan daging tebal lengket. kurma mesir apabila dikunyah memiliki tekstur daging yang “krenyes-krenyes”.

Kurma mesir memiliki harga lebih murah daripada kurma lainnya. bentuknya yang besar dan harganya yang ekonomis, kurma mesir sering dipakai utuk membuat coklat kurma.

Selain Jenis-jenis kurma yang disebutkan diatas, masih banyak lagi jenis kurma lainya yang belum banyak di ketahui orang.

Related Post

%d blogger menyukai ini: