Jalani Pola Makan Sehatmu dengan Yakin

“Saya sudah hampir putus asa pak, ini penyakit gak sembuh-sembuh, malah jadi semakin gak karuan dibadan dan pikiran. Padahal saya sudah ikhtiar berbulan bulan lho…”

“Bosen pak makan kayak gini terus, capek rasanya ngikuti banyak pantangan. Penyakitnya juga gak sembuh-sembuh.
Bisa bisa saya stress dan end nih kalo gini terus..”

“Bisakah aku sembuh pak? Kok kayaknya gak yakin aku kalo bisa sembuh dari penyakit ini. Dokter aja bilang penyakit ini tidak bisa sembuh total..”

****

Teman…seringkali yang membuat penyakit betah berada ditubuh kita adalah pikiran kita sendiri. Kita terus memelihara pikiran negatif, tidak yakin dengan apa yang sedang kita jalani, segala sesuatunya juga ingin cepat selesai, ingin serba instan, tidak mau bersabar dan tekun menjalani proses.

Kalau pikiran seperti itu terus dipelihara, ya mau makan sebaik apapun, se-sehat apapun, mau menjalani proses terapi terbaik sekalipun maka hasilnya kemungkinan besar tidak akan sesuai dengan yang kita inginkan. Akan sangat pelan perbaikannya bahkan cenderung malah semakin mundur.

Beberapa orang meminta saran kepada orang yang sudah sembuh dari sakit gerd, lalu di sampaikan berbagai cara terapi yang dulu pernah dilakukan saat masih sakit gerd hingga Allah memberikan kesembuhan. Namun kemudian mereka meminta saran lagi ke lebih banyak orang yang tentunya akan memberikan saran yang berbeda.

Mau minta pendapat ke 100 orang yang berbeda pasti akan mendapatkan 100 pendapat yang berbeda-beda. Kenapa? Ya karena isi kepala tiap orang berbeda sesuai dengan ilmu yang dipahami, persepsi di pikirannya, pengalaman hidupnya, dll. Dan itu wajar terjadi, maka semestinya tidak perlu mempertentangkan perbedaan dari berbagai pendapat tersebut. Hanya saja, siapkah anda mengintegrasikan begitu banyak pendapat tersebut menjadi sebuah konsep dipikiran yang benang merahnya anda pahami?

Sahabat …kalo boleh saya kasi nasehat, anda seharusnya minta saran dan masukan kepada beberapa orang saja yang memang anda layak memPERCAYAinya. Buat apa anda minta saran kepada orang yang anda tidak mempercayainya? Percuma kan? Dan hanya akan menambah pertentangan dan beban dipikiran anda saja. Padahal pikiran orang saat masih sakit gerd sangat lemah, ruwet, tidak bisa fokus dan belum mampu diajak berpikir keras.

Setelah saran diberikan oleh beberapa orang yang anda PERCAYA, maka selanjutnya anda harus PERCAYA DIRI untuk menentukan sendiri langkah anda berdasarkan berbagai saran dan pendapat yang sudah anda terima tersebut.

Ya…anda harus PERCAYA DIRI untuk memutuskan sendiri langkah TERBAIK anda…!

Saya hanya bisa memberikan saran apa saja yang pernah saya lakukan saat masih melakukan terapi untuk penyembuhan gerd, yang juga sudah dipraktekkan oleh beberapa teman dan alhamdulillah memberi hasil yang nyata pada perbaikan kesehatannya.

Namun saran tetaplah menjadi saran, pendapat tetaplah sebagai pendapat, HANYA anda sendirilah yang bisa memutuskan untuk melakukan yang terbaik menurut anda. Apapun keputusan anda, jika sudah memutuskan untuk melakukannya maka ber-TAWAKKAL-lah kepada Allah.

‎فاذا عزمت فتوکل علی الله …
“…Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah” (Ali Imran : 159)

Allah telah menyiapkan jalan didepan anda, dan itu adalah jalan TERBAIK anda. Sekarang tinggal bagaimana anda melangkah setapak demi setapak meniti jalan tersebut. Jangan ragu untuk melangkah, meski kadang jalan tersebut terjal dan licin dan membuat anda terjatuh. Tapi inilah dunia, dunia memang penuh perjuangan, tempatnya bersusahpayah usaha yang hasilnya akan kita raih di akherat nanti. InsyaAllah

Jadi sekali lagi…jika VISI sudah ditetapkan, jalani apapun yang sudah kita putuskan untuk dijalani tersebut dengan serius, penuh semangat dan pantang menyerah. Jangan mudah putus asa meski jatuh bangun dalam prosesnya. Jangan lemah. Jadilah pembelajar kegagalan, miliki mental pejuang.

Kesuksesan bukan dilihat dari keberhasilan yang kita capai, tetapi dari ketahanan diri untuk tidak pernah menyerah sekalipun menghadapi kegagalan bahkan kekalahan.

Salam sehat selalu..
Semoga Allah memberikan kemudahan untuk kita semua..🤲🏻

Related Post

%d blogger menyukai ini: