Manfaat Bunga Lawang Bagi Kesehatan

Menurut wikipedia Bunga lawang atau Kembang Lawang atau pekak adalah rempah yang memiliki rasa yang mirip dengan Adas manis. Rempah ini banyak digunakan di dalam masakan negara-negara Asia.

Ciri-ciri bunga lawang

kandungan Minyak Varash

Orang Tionghoa menyebut bunga lawang dengan ba jiao, yang artinya adalah delapan kelopak. Tiap kelopak memiliki jari-jari yang mengandung biji di dalamnya.

Sebagian orang menyebutnya dengan pekak. Bentuk rempah ini mirip dengan bintang, sehingga kembang lawang juga disebut star anise. Tinggi bunga lawang dapat mencapai 8 meter di atas tanah, dengan ukuran pohon yang kecil. Warna bunganya kuning, sangat cantik.

Namun bunga lawang bukanlah bunga kuning dari tanaman ini, melainkan buah yang dihasilkan dari pohonnya. Ketika hampir matang, aromanya sangat kuat. Buah ini dipanen sebelum ranum, kemudian dijemur di bawah sinar matahari.

Warnanya coklat gelap dan baunya wangi. Bunga lawang berasal dari Tiongkok, kemudian menyebar ke Eropa dan seluruh penjuru dunia. Nama latin untuk bunga lawang adalah Illicium verum.

Manfaat bunga lawang untuk kesehatan

Bunga lawang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan seperti:

Antijamur dan antibakteri

Manfaat bunga lawang yang pertama ialah berfungsi sebagai antijamur dan antibakteri. Menurut Korean Journal of Medical Mycology, esktrak tanaman yang satu ini memiliki sifat antijamur dan antibakteri alami. Bunga lawang mampu mengendalikan jenis jamur tertentu seperti Candida albicans.

Jamur yang satu ini menjadi penyebab infeksi yang paling umum. Biasanya Candida albicans dapat tumbuh tanpa terkendali dan menyebabkan penyakit kandidiasis. Selain itu, para ilmuwan di Taiwan juga menemukan ada empat senyawa antimikroba di dalam bunga lawang yang efektif mengatasi 70 strain bakteri yang resistan alias kebal terhadap obat.

Berfungsi sebagai antioksidan merokok sebabkan penuaan

Bunga lawang mengandung minyak esensial linaool dan vitamin C yang merupakan sumber antioksidan. Antioksidan adalah senyawa alami yang melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan racun lingkungan seperti asap rokok dan polusi udara.

Radikal bebas yang ada di dalam tubuh mempercepat proses penuaan tubuh. Akibatnya, Anda berisiko terkena berbagai penyakit seperti jantung dan kanker hingga penuaan dini pada kulit. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Chemico-Biological Interactions, menemukan fakta bahwa bunga lawang dapat bahkan dapat mengurangi perkembangan sel kanker.

Meningkatkan kesehatan ibu hamil terlalu tua untuk hamil

Selain dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan, bunga lawang dapat membantu mengatasi berbagai penyakit selama kehamilan. Sehingga tanaman herbal yang satu ini aman dan baik dikonsumsi saat hamil.

Bahkan, ibu menyusui juga bisa mencoba bunga lawang untuk meningkatkan produksi ASI. Senyawa antehole pada bunga lawang juga menunjukkan sifat mirip hormon estrogen yang dapat mengatur fungsi hormon pada wanita.

Menyehatkan sistem pencernaan anatomi sistem pencernaan

minyak varash semarang

Bunga lawang termasuk rempah yang kaya akan serat. Sudah bukan hal baru bahwa serat mampu menjaga kesehatan sistem pencernaan seperti mengatasi perut kembung, kram dan sembelit. Serat mampu melembutkan dan melunakkan feses sehingga mencegah Anda dari sembelit.

Sembelit yang dibiarkan terlalu lama dapat berkembang menjadi wasir yang bisa menyebabkan buang air besar berdarah dan menyakitkan. Satu sendok makan ekstrak bunga lawang mengandung satu gram serat atau setara dengan 3-4 persen dari kebutuhan harian Anda, tergantung pada usia dan jenis kelamin.

Mengatasi flu dan batuk meninggal karena flu

Manfaat bunga lawang yang mungkin tidak Anda duga ialah mengatasi flu dan juga batuk. Hal ini karena bunga lawang mengandung asam shikimat yang tinggi. Berdasarkan Journal of Medical Virology, kombinasi asam shikimat dan antioksidan quercetin dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dengan begitu, tubuh mampu melindungi dirinya secara maksimal dari serangan penyakit terutama yang diakibatkan oleh virus. Selain itu, mengonsumsi secangkir teh ekstrak bunga lawang tiga kali sehari membantu menghilangkan batuk dan sakit tenggorokan.

Mengatasi gangguan tidur penyakit gangguan tidur

Dikutip dari Mercola, bunga lawang juga banyak digunakan untuk mengatasi berbagai gangguan tidur. Pasalnya, pengobatan tradisional menemukan fakta bahwa bunga lawang memiliki sifat penenang ringan yang membantu menenangkan saraf. Cobalah untuk mengonsumsi teh ekstrak bunga lawang setiap harinya. Jika gangguan tidur yang Anda miliki dapat teratasi, maka kualitas kesehatan fisik dan juga mental akan semakin membaik.

Menjaga Kesehatan Kulit

Salah satu manfaat yang sangat baik dari bunga lawang adalah menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Ini karena bunga lawang memiliki kandungan anethol, yaitu komponen utama minyak adas bunga lawang.

Minyak ini bisa digunakan sebagai obat karena bersifat antispasmodic, antiseptik, obat penenang, sebagai stimulan pencernaan dan sifat-sifatnya. Mengonsumsi minyak adas bunga lawang juga berfungsi detoksifikasi pada tubuh. Linalool dalam bunga lawang bersifat antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah penuaan dini termasuk kerusakan pada kulit.

Sifat Antioksidan

Antioksidan menargetkan radikal bebas – atom atau molekul dengan elektron yang tidak berpasangan – yang dapat menyebabkan kerusakan pada penyakit dan sel. Radikal bebas dapat merusak DNA seluler dan memulai karsinogenesis – permulaan kanker.

Anda tidak bisa benar-benar menghindari radikal bebas, yang merupakan hasil sampingan dari proses metabolisme tubuh Anda, namun Anda dapat menetralisirnya dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan.

Peneliti India melakukan penelitian terhadap hewan untuk menentukan apakah sifat antioksidan bunga lawang membantu melindungi tikus laboratorium dari kanker hati yang disebabkan oleh artifisial. Dalam edisi 2007 “Chemico-Biological Interactions,” para peneliti melaporkan bahwa hewan yang diberi makan adas manis setelah induksi karsinogenesis menunjukkan bukti perkembangan kanker yang jauh lebih sedikit daripada yang tidak mengkonsumsi bunga lawang.

Mengobati Nyeri Haid

Ekstrak bunga lawang mengandung estrogen yang berguna untuk mengatasi gangguan hormonal yang pada wanita seperti kram perut dan nyeri saat haid. Caranya, oleskan minyak bunga lawang pada bagian tubuh yang terasa nyeri kemudian pijat dengan lembut. Minyak alami ini juga dapat diminum, setelah dicampur dengan asam jawa dan air hangat.

Mengurangi Gejal Rematik

Tambahkan rempah ini ke dalam menu harian anda, untuk meredakan nyeri akibat rematik dan rasa sakit pada punggung.

Melegakan Pernafasan

Cukup dengan menyeduh bunga lawang bersama secangkir air hangat, dapat mengatasi gejala morning sickness dan melonggarkan pernafasan. Manfaat ini juga dapat didapatkan dengan menggunakan minyak ini sebagai aroma terapi.

Minyak bunga lawang memiliki memiliki sifat estrogen yang memudahkan masalah hormonal wanita seperti kram saat menstruasi. Anda bisa mengoles minyak ke bagian yang sakit dan pijat perlahan. Atau bisa juga diminum dengan air hangat bersama dengan rebusan asam jawa.

Dengan menyeduh teh minyak bunga lawang juga mampu meningkatkan aliran ASI ibu yang menyusui. Minyak adas juga berkhasiat aroma terapi sehingga dapat melegakan pernapasan dan menenangkan morning sickness ibu hamil.

Meningkatkan Libido

Untuk meningkatkan gairah seksual yang menurun, hancurkan kembang lawang dan campur dengan air matang. Saring lalu minum beberapa jam sebelum berhubungan seksual.

Menyehatkan Pencernaan

Minum air rebusan bunga lawang membantu dalam menghilangkan gas, kembung, sembelit, dan gangguan pencernaan lainnya.

Mengobati Nyeri

Mengoleskan minyak esensial yang terbuat dari bunga lawang bermanfaat untuk mengobati nyeri sendi serta rematik.

Menjaga Kesehatan Jantung

Mengkonsumsi minyak dari rempah ini ternyata bisa membuat tekanan darah Anda menjadi terkontrol. Sehingga akan mengurangi tekanan pada jantung dan memperkuat jantung Anda. Hal ini karena sifat analgestik alami yang dimiliki oleh rempah ini.

Membuat Tidur Nyenyak

Minyak dari rempah ini juga sangat baik buat kesehatan tubuh. Dapat digunakan sebagai anti mikroba dan anti jamur. Aroma kuat dari rempah ini dapat dijadikan obat penenang alami untuk Anda yang mengalami gangguan tidur.

Mengatasi Luka dan Lecet

Luka ringan di kulit akan mudah sembuh dengan aplikasi bunga lawang. Rempah ini memiliki sifat antiseptik yang dapat mempercepat pemulihan luka.

Mengurangi Gejala Rematik

Tambahkan rempah ini ke dalam menu harian anda, untuk meredakan nyeri akibat rematik dan rasa sakit pada punggung.

Menghilangkan Bau Mulut

Rempah super ini juga berguna untuk menyegarkan bau mulut. Anda dapat memperoleh manfaat ini dengan menambahkan bunga lawang ke dalam masakan anda.

Itulah 18 manfaat bunga lawang atau biasa disebut sebagai (Pekak) yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Untuk mengkonsumsinya cukup dengan menambahkan bunga lawing ke bumbu masakan, bisa dibuat nasi goreng, atau masakan timur tengah seperti nasi biryani, nasi mandhi, menu tersebut sangat kaya akan rempah-rempah yang sangat baik untuk kesehatan.

Untuk menikmati rempah ini sebagai minuman, anda dapat menyeduhnya bersama segelas air panas. Tunggu selama 10 menit, saring airnya dan tambahkan madu murni atau gula. Silahkan minum teh herbal ini selagai hangat.

Inspirasi:

id.wikipedia.org
hellosehat.com
cairofood.id

Related Post

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: