Puasa Untuk Penderita Gerd

Sebagaimana yang sudah saya perkirakan sejak 4 tahun lalu pada saat saya mulai paham penyebabnya, GERD sekarang ini menjadi penyakit yang semakin mewabah di masyarakat. Hampir disetiap kesempatan saat kegiatan sehari hari dimasyarakat maka saya menemukan ODG (Orang Dengan GERD), baik penderita baru maupun lama. Banyak dari para ODG tersebut yang belum paham penyakitnya, terombang ambing dalam ketidakpastian dan keputusasaan karena sudah puluhan kali ke medis dan minum banyak sekali obat, namun belum ada tanda tanda membaik, apalagi sembuh.

Bagi penderita GERD, salah satu terapi pengobatan yang sangat penting, wajib dilakukan dan tidak boleh dilupakan adalah PUASA. Kali ini saya hanya sharing manfaat puasa dari sudut pandang kesehatan.
Baca juga Bagaimana Cara Menghadapi Gerd

***********

Didalam tubuh kita, setiap saatnya berlangsung proses metabolisme, sebuah proses kimiawi yang berlangsung terus menerus yang merupakan mekanisme paling vital bagi kelangsungan hidup kita.

Apa yang kita makan akan menjadi bahan pembentuk milyaran sel yg mengisi berbagai organ penting di dalam tubuh. Berlangsungnya proses metabolisme ini tentunya akan menimbulkan banyak sampah yang bersifat toksik bagi tubuh, terutama apabila makanan yang dimakan adalah makanan yang sulit dicerna atau tidak mengandung zat yang bermanfaat bagi tubuh. Kelak sampah metabolisme yang menumpuk tersebut akan menjadi radikal bebas ditubuh, meracuni darah sehingga membuat tubuh melemah dan gampang sakit karena memiliki kelebihan keasaman (asidosis).

Maka fungsi puasa bukan hanya sekedar mengistirahatkan pencernaan, tapi lebih dari itu yaitu untuk membantu tubuh lebih cepat membuang sampah proses metabolisme (detoksifikasi). Puasa akan sangat membantu tubuh membersihkan berbagai zat-zat toksik didalam tubuh. Proses regenerasi sel juga akan lebih cepat terjadi jika kita rutin melakukan puasa.

Dalam banyak penelitian yang dilakukan para ahli, didapati juga bahwa ternyata tanaman maupun hewan pun secara intuitif (alami) melakukan puasa untuk memperpanjang kelangsungan hidup mereka.

Namun berbeda dengan tanaman dan hewan yang menggunakan puasa untuk menjaga keberlangsungan hidup mereka, bagi manusia aspek puasa bukan hanya terkait kesehatan tubuh, namun lebih holistik sangat terkait dengan kesehatan mental dan spiritual.

gerd sembuh dengan puasa

Puasa akan membuat tubuh menghemat pemakaian energi. Kenapa? Sebab energi akan lebih banyak dialokasikan pada fungsi pembuangan untuk melakukan pembersihan di dalam tubuh. Puasa menyempurnakan proses pembersihan atau purifikasi tubuh dari berbagai efek yang bersifat racun, sekaligus meningkatkan aliran energi ditubuh, termasuk energi spiritual.

Maka saat puasa adalah waktu yang tepat untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah. Saat puasa dianjurkan untuk lebih banyak menenangkan diri, banyak banyaklah berdoa dan berdzikir, atau membaca Al Qur’an untuk berkomunikasi dengan Allah. Energi spiritual kita sedang meningkat, jiwa terasa lebih tenang, lebih mudah mengasup perasaan khusuk dalam beribadah. Suasana batin yang tenang ini akan memunculkan perasaan damai, lembut, dan fikiran yang gampang gembira.

Hindari semua hal yang akan menimbulkan rasa dengki, amarah dan stress di pikiran. Semua rasa negatif tadi akan menguras energi tubuh dan akan meracuni tubuh, pikiran dan jiwa. Rilekslah dalam menjalani hidup, fokuskan pada melakukan kebaikan dan kebermanfaatan. Maka energi spiritual saat puasa akan terasa melimpah di dalam diri.

*************

Dulu saat masih sakit GERD, saya pernah detoks sebanyak 3 kali dengan melakukan juice fasting (hanya makan buah buahan selama 7 hari). Saya juga rutin menjalani puasa senin kamis, pernah juga selama 3-4 bulan melakukan puasa Daud. Menurut saya, salah satu ikhtiar yang mempercepat kesembuhan saya dari penyakit GERD ini (setelah Taufiq dari Allah) adalah puasa. Oleh sebab itu saya sangat menyarankan teman teman yang menderita sakit gerd / atau penyakit berat lainnya untuk rutin melakukan puasa.

Diawal melakukan puasa pasti akan terjadi reaksi yang tidak nyaman ditubuh. Dalam istilah pengobatan kedokteran modern dikenal dengan gejala kemunduran (withdrawal symtomps), namun dalam konsep pengobatan alami justru sebaliknya disebut gejala penyembuhan (healing symtomps) atau krisis penyembuhan (healing crises). Gejala tersebut memang mirip penyakit, sehingga banyak yang takut dan menganggap sebagai penyakit, seperti flu, diare, pusing, nyeri otot, demam, konstipasi, warna urin menjadi keruh, dll. Bahkan sampai pada gejala psikologis seperti sulit tidur, mood yg gampang berubah, gampang bete, mudah tersinggung, cemas dll

Lalu bagaimana mengatasi gejala detoksifikasi tersebut?

Beberapa hal yang perlu dilakukan untuk meredam gejala detoksifikasi tersebut adalah :

  • Perbanyak minum air putih, lebih bagus jika banyak minum jus buah atau jus sayur
  • Tidak perlu minum obat kimia apapun untuk mengatasi gejala tersebut. Ingat bahwa tubuh sedang dalam proses bersih bersih mengeluarkan racun, jangan malah ditambah racun lagi.
  • Banyak istirahat, lebih seringlah untuk tidur di awal waktu
  • Tenangkan pikiran, relaksasi, cari kegiatan yg bisa menenangkan diri, bisa dengan banyak beribadah, berdzikir, membaca Al Quran
  • Hindari dahulu untuk bepergian jarak jauh karena akan banyak menguras energi
  • Jangan berolahraga terlalu berat. Tubuh perlu banyak menghemat energi, olah raga yg berat akan menghabiskan cadangan energi.

Apa saja sih makanan yang baik saat berpuasa?

Tubuh butuh makanan kaya enzym saat berpuasa, maka perbanyak asupan buah buahan dan sayuran segar saat berpuasa, terutama saat sahur dan berbuka. Saat sahur, usahakan HANYA minum air putih dan secara eksklusif makan buah buahan segar dalam jumlah yang banyak. Ini akan membantu meringankan kerja pencernaan dan sekaligus memberi asupan enzym yg banyak bagi tubuh.

Beberapa hal lain yang perlu diperhatikan saat puasa adalah :

  • Hindari makanan berbahan terigu. Gluten yang terkandung dalam tepung terigu merupakan zat toksik yang berbahaya bagi tubuh
  • Hindari asupan gula yg berlebihan terutama gula pasir, gula sintetis, dan karbohidrat olahan (tepung tepungan)
  • Hindari gorengan. Minyak yg dipanaskan hingga mendidih akan teroksidasi dan mengoksidasi semua makanan yang digoreng bersamanya.
  • Hindari masakan bersantan
  • Hindari konsumsi daging olahan seperti kornet, sosis
  • Hindari makanan pabrikan karena banyak ditambahkan zat adiktif
  • Jangan makan masakan olahan yang dipanaskan berulangkali
  • Berolahraga ringan setiap pagi akan melancarkan peredaran darah yang berarti juga akan melancarkan proses detoksifikasi.

Berikut saya tuliskan menu puasa saat GERD dengan menggunakan pola makan sehat Food Combining yang saya lakukan.

SAHUR

  • Segelas air putih hangat dikucuri jeruk nipis, kemudian bertahap beberapa gelas lagi hingga mendekati batas sholat subuh.
  • 1-3 gelas jus buah ( pepaya + nanas + mangga atau kombinasi lainnya) atu bisa dengan 1-3 porsi buah potong
  • Usahakan menggunakan buah buahan lokal (yg sedang musim lebih baik).

BUKA PUASA

  • Minum segelas air putih hangat, kemudian bertahap beberapa gelas lagi hingga menjelang tidur
  • 1-2 gelas jus buah atau dengan buah potong, bisa juga menggunakan kurma segar
  • Makan malam dengan nasi merah, dan lauk beragam olahan tahu, tempe dan jamur
  • Sayuran masak seperti sayur sop, bening, cah dll
  • 1 gelas besar jus sayur (timun + tomat + wotel + sayuran daun) menjelang tidur

Oh iya….pada saat puasa usahakan agar pembuangan zat zat toksik hasil metabolisme ditubuh bisa lebih lancar. Ini penting agar meringankan kerja tubuh pada saat puasa dalam melakukan detoksifikasi.
Beberapa hal yang bisa dilakukan adalah :

  • Pijat dan lulur (body scrub). Ini untuk membersihkan zat zat toksik yang keluar lewat pori pori kulit, juga dapat membersihkan sel sel kulit mati agar regenerasi sel kulit terjadi lebih cepat
  • Relaksasi dengan senam pernafasan, untuk melancarkan sirkulasi darah dan kelenjar getah bening
  • Enema kopi. Pemakaian enema kopi sangat membantu untuk mengeluarkan kotoran dari usus besar secara instan. Semakin cepat kotoran keluar, semakin bagus bagi kesehatan tubuh. Selain itu enema kopi juga memiliki manfaat besar untuk perbaikan kerja liver. Jika liver meningkat kinerjanya, maka kesehatan tubuh juga lebih cepat meningkat, InsyaAllahu Ta’ala.

By. Amirudin Sadja 

Baca Selanjutnya : Mengenal Penyebab Rasa Sakit Pada Penderita GERD

cara menyembuhkan gerd